Lensa

Lensa
Lensa Kamera dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis. Yaitu:
1. Menurut Jenis Zoomnya adalah :
a. Lensa Zoom
Lensa zoom adalah lensa dengan variable zoom, atau perbesaran yang dapat bergerak dan berubah – ubah. Lensa jenis ini dapat digerakkan dengan servo motor atau manual zoom.  Untuk mendekat atau menjauhkan objek cukup dengan memutar lensa ke kiri atauke kanan yang biasa dikenal dengan istilah zoom in – zoom out. Aplikasi utama Lensa ini adalah untuk Home Video atau Broadcast Video.
b. Lensa Prime
Lensa Prime Perbesaran Zoomnya tetap atau fix. Sehingga untuk mendapatkan efek mendekat menjauh objek kamera harus didorong maju atau mundur. Untuk pembelian Lensa Prime terdapat beberapa unit lensa, sehingga lensa – lensanya bisa diganti sesuai kebutuhan zoom subjeknya. Aplikasi utama Lensa ini adalah untuk Film Video.

2. Menurut Jenis Kacanya (Gelasnya) adalah:
a. Lensa Standard.
Aplikasi utama Lensa ini adalah untuk Home Video atau Broadcast Video. Cirinya adalah bagian ujung-ujung lensa terasa lebih blur dan bagian tengahnya lebih clear. Gelas dalam lensa ini mengandung beberapa bubles dan microparticle yang merupakan Pengganggu Ke-clear-an lensa.
b. Lensa Anamorphic.
Lensa ini untuk pembuatan Film. Bagian tengah dan pinggiran lensa mempunyai ketajaman gambar yang sama. Lensa ini dibuat dengan pendingan kaca yang lama hingga 6 bulan. Jadi Setelah cair, cairan silicon kaca dituangkan kedalam cetakan, yang kemudian dikurangi pelan-pelan panasnya. Mulai dari 3000 derajat celcius hingga suhu kamar pada bulan keenam. Proses yang lama ini membuat campuran kaca sangat homogen dan kotoran – kotoran microparticle berkumpul dibagian luar. Kotoran ini kemudian dibuang dengan menggosok kaca lensa secara manual.

3. Menurut Penggunaannya adalah :
a. Lensa Home Video.
Lensa Home Video umumnya menyatu dengan kamera dan hanya mempunyai perbesaran zoom digital saja. Zoom digital didapatkan dari perbesaran secara elektronik oleh sensor dan prosesor dalam kamera.
b. Lensa Broadcast.
Lensa Broadcast atau entry level  sudah mempunyai zoom optical atau zoom lensa. Lensa ini juga masih menyatu dengan kamera bawaannya.Untuk zooming Lensa telah dilengkapi dengan servo motor yang terintegrasi dalam kamera.
c. Lensa ENG (Electronic News Gathering)
Lensa ENG adalah Lensa yang sudah terpisah dari kamera (interchangeable lens). Sehingga Lensa ini bisa diganti – ganti pada satu kamera (camcorder). Baik mulai lensa dekat (macro lens) sampai lensa yang jauh (super telephoto lens), atau lensa lebar (wide angle lens). Diameter mounting lensa dinyatakan dalam 1/3, 1/2 dan 2/3 inch, sedangkan jenis kuncian (interlocking)nya ada beberapa yang disepakati internasional yaitu C-mount, Bayonet Mount, T-Mount dan beberapa lagi yang jarang dipakai. Lensa ENG juga telah motorized untuk kemampuan zoomnya. Penggunaan utama lensa ENG adalah untuk liputan berita di luar studio. Atau liputan lain yang memerlukan kecepatan dan mobility.
d. Lensa EFP (Electronic Field Production) Indoor
Lensa EFP (indoor) dikhususkan untuk proses produksi Broadcast (televisi). Keunggulan utama Lensa ini adalah adanya stabilizer sehingga gambar yang diambil lebih stabil dan tidak berguncang atau bergoyang. Lensa ini memakai 2/3 bayonet mount, meski sebenarnya bisa dikustom sesuai pesanan. Biasanya perbesaran lensa ini adalah 12x sampai 40x. Semua Lensa ini telah Motorized untuk zoom dan focus nya. Penggunaan utama lensa indoor adalah untuk produksi acara di dalam studio stasiun tv. Misalnya acara music, berita, talk show atau drama.
e. Lensa EFP (Electronic Field Production) Outdoor
Kelebihan Lensa EFP (outdoor) terutama pada kemampuan zoom yang lebih tinggi dan adanya sunshade semacam matte box dan French flag terintegrasi. Hal ini menyebabkan ukuran lensa outdoor lebih panjang dari pada lensa indoor. Sedang kemampuan zoomnya mulai 36x sd 150x.Seperti halnya lensa indoor Semua Lensa outdoor telah Motorized untuk zoom dan focus nya. Penggunaan utama lensa outdoor adalah untuk produksi acara di luar studio. Seperti acara Olahraga atau Pengamatan Flora dan Fauna.
f. Lensa Cine Zoom
Lensa Cine Zoom adalah lensa anamorphic yang dipakai untuk pengambilan gambar jarak jauh. Kemampuan zoomnya bahkan ada yang mencapai 250x. Berbeda dengan lensa Broadcast, Lensa Cine biasanya tidak motorized baik untuk zoom ataupun focusnya. Sehingga cameramen masih memutar lensa secara manual.
g. Lensa Cine Prime
Lensa Prime adalah lensa anamorphic yang zoomnya tetap (fix). Kebanyakan sineas suka menggunakan lensa 35mm untuk kegiatan shooting nya. Dalam paket penjualan biasanya terdapat 5 lensa yang bisa dipasangkan bergantian sesuai dengan kebutuhan syuting. Untuk keperluan zoom in zoom out, lensa ini memakai dolly track, rail track atau jimmy jib.

Lensa Khusus. Dalam Broadcast dikenal beberapa Lensa Khusus, diantaranya :

1. Lensa Makro (Macro Lens). Lensa Broadcast selalu menggunakan Lensa beberapa Lensa Cembung sebagai part atau bagian utamanya. Sehingga untuk mengambil Gambar Obyek dalam jarak sangat dekat diperlukan Lensa khusus dengan Lensa Cekung khusus dibagian tengahnya. Karena kemampuannya mengambil gambar dengan subyek yang dekat sekali, maka lensa ini disebut lensa makro.

2. Lensa Mikro (Micro Lens). Lensa ini berfungsi sama dengan mikroskop, yaitu untuk mengamati dan melihat obyek yang sangat kecil. Penggunaan utamanya untuk laboratorium atau inspeksi produk (quality control, quality assurance, final inspection) di pabrik. Lensa ini biasanya dipasangkan dengan camera cctv professional.

3. Lensa Wide (Wide Angle Lens). Lensa wide adalah lensa yang mempunyai sudut pengambilan gambar lebih dari 90 derajat (45 derajat ke kiri dan 45 derajat ke kanan). Lensa wide dipakai untuk keperluan long shoot (syuting jarak jauh), sehingga obyek yang ditangkap kamera lebih luas. Beberapa jenis lensa bahkan bisa menangkap sudut 200 derajat.

 

Satu pemikiran pada “Lensa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s